Apa itu TOEFL dan TOEIC?

Semua orang di dunia bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan bahasa internasional (bahasa Inggris). Orang Indonesia yang kemampuan bahasa Inggrisnya ingin diakui dunia baik dalam akademis atau non akademis, maka harus mengikuti tes TOEFL dan TOEIC. Berikut ini akan saya jelaskan pengertian dari TOEFL dan TOEIC.      
TOEFL (Test of English as a Foreign Language) menurut  Fitri Rahmawaty merupakan sebuah tes bahasa Inggris yang sengaja dibuat untuk mengukur sejauh mana penguasaan bahasa Inggris untuk orang-orang yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris. Nilai TOEFL biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan masuk di sejumlah perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan 80 negara lainnya di dunia.
TOEFL menurut William Gregory merupakan proficiency test, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan langsung dengan proses belajar mengajar.
TOEFL menurut Achmad Fanani adalah salah satu model tes yang menguji kemampuan atau kompetensi seseorang dalam bahasa Inggris.

Menurut Lin Lougheed dalam bukunya Barron’s The Leader in Test Preporation TOEIC, TOEIC sudah digunakan secara internasional sejak tahun 1979 untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris dalam dunia kerja secara umum. Tes ini lebih baru dibanding dengan TOEFL. Educational Testing Service (ETS) mengklaim bahwa TOEIC akan membantu perusahaan lebih efektif dalam mencari karyawan yang cakap berbahasa Inggris. Selain itu, TOEIC juga memungkinkan universitas untuk mempersiapkan mahasiswanya bersaing di dunia kerja internasional.
TOEIC (Test of English for International Communication) menurut Emirfan T. Mulyati adalah tes bahasa Inggris untuk komunikasi internasional. TOEIC digunakan untuk mengukur kecakapan bahasa Inggris orang-orang yang bukan native speaker atau yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris.
TOEIC menurut Achmad Fanani adalah tes bahasa Inggris yang paling banyak digunakan untuk bahasa Inggris profesional (yang berhubungan dengan pekerjaan). TOEIC digunakan untuk menyertifikasi kemampuan bahasa Inggris seseorang dan memperkuat profilnya. TOEIC menguji kemampuan bahasa Inggris dalam latar bisnis, bukan akademis.

Menurut beberapa pengertian TOEFL dan TOEIC yang sudah saya jelaskan diatas, dapat saya simpulkan bahwa TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa Inggris orang-orang yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam latar akademik. Sedangkan TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam latar bisnis.


Sumber:
Rahmawaty, Fitri, Complete Essay for Toefl 677, Sealova Media, Ciputat, 2015.
Gregory, William, Active Cheat For Perfect TOEFL 677, Lembar Pustaka Indonesia, Tangerang, 2015.
Fanani, Achmad, LOLOS CEPAT TOEFL & TOEIC, Literindo, Yogyakarta, 2014.
Mulyati, Emirfan T., Supertrik Rebut Skor Tingkat Tinggi TOEIC, Trans Idea Publishing, Yogyakarta, 2015.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk-Bentuk Badan Usaha

SISTEM PENERIMAAN KAS

mata