Pemasaran
1.
Pengertian
pasar dan pemasaran
Pasar dalam arti sempit adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan jual beli.
Pasar dalam arti luas adalah kejadian
bertemunya penawaran dan permintaan, baik penjual dan pembeli bertemu langsung ataupun
tidak.
Pemasaran adalah segala daya upaya manusia
yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui proses tukar
menukar yang layak dan teratur, sehingga kedua belah pihak yang melaksanakan
pertukaran dapat memperoleh keputusan.
2. Jenis jenis pasar
· Menurut barang yang dijual
a. Pasar konsumsi, menjual barang-barang konsumsi
seperti makanan, dan kebutuhan harian lain.
b. Pasar produksi, menjual barang-barang yang
digunakan untuk kegiatan produksi seperti pasar alat pertanian, bursa tenaga
kerja, dan pasar modal.
· Menurut waktunya
a. Pasar harian, buka setiap hari
b. Pasar mingguan, yang buka satu minggu sekali
c. Pasaar bulanan
d. Pasar tahunan
·
Menurut lingkupnya
a. Pasar lokal
b. Pasar nasional
c. Pasar internasional
·
Menurut strikturnya
a. Pasar persaingan sempurna, terdapat banyak dan
pembeli yang bebas masuk pasar
b. Pasar oersaingan tidak sempurna, hanya
terdapat beberapa penjual yang dapat menentukan harga
·
Menurut sifat pembentukan harganya
a. Pasar persaingan, harga berdasarkan kekuatan
permintaan dan penawaran barang dan jasa
b. Pasar monopoli, harga ditentukan satu penjual
c. Pasar duopoli, ditentukan dua orang penjual
d. Pasar oligopoli, ditentukan banyak penjual
e. Pasar monopsoni, ditentuka satu pembeli
· Berdasarkan macam barang yang diperdagangkan
pasar
a. Pasar homogen
b. Pasaar heterogen
3. Konsep-konsep inti pemasaran
Konsep
inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintan, produksi, utilitas, nilai, dan kepuasan;
pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Mekanisme hubungan
antara apa yang dibutuhkan dan
diinginkan oleh konsumen dengan apa yang ditawarkan oleh produsen dapat terjadi
dalam bentuk pertukaran (exchange) yang dipertemukan dalam suatu lokasi yang
disebut sebagai pasar.
4. Manjemen pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah kegiatan yang direncanakan dan diorganisasikan yang meliputi
pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap
kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat
dipasar agar tujua utama dari pemasaran dapat tercapai.
5. Bauran pemasaran
Bauran
pemasaran merupakan variabel-variabel pemasaran (produk, harga,promosi, dan
distribusi) yang masih dapat dikontrol (controlable) oleh perusahaan dan
dikombinasikan dalam rangka meningkatkan omzet penjualan. Variabel-variabel
dari bauran pemasaran:
a. Variabel produk
Adalah
segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan
(attention), dimiliki (acquisition), digunakan (use), atau dikonsumsi
(consumtion), dan dapat memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pasar.
Yang
tergolong produk adalah objek secara fisik (sepeda motor, mobil, pasta gigi,
mebel), jasa (rumah sakit, kepolisian, telkom, hotel), orang (artis, mentri,
pelawak, atlet), tempat (taman rekreasi, tempat parkir), organisasi (organisasi
pilotik, LSM, yayasan), ide (pemikiran dan konsep).
b. Variabel harga
Adalah
penentuan dari suatu prosik yang merupakan titik pertemuan dari produk yang
ditawarkan dengan permintaan akan produk yang dimaksud. Harga digunakan dalam
berbagai cara dalam strategi penentuan posisi program pemasaran.
c. Variabel Distribusi
Adalah
proses bergerakanya produk dari produsen ke konsumen (saluran distribusi).
Saluran distribusi mengatasi kesenjangan utama dalam hal waktu, tempat, dan
kepemilikan yang memisahkan barang serta jasa dari mereka yang akan
menggunakannya.
d. Variabel promosi
Adalah
untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen.
Komponen-komponen bauran promosi mencakup periklanan, penjualan perorangan,
promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.
6. Tujuan sistem pemasaran
- Memaksimalkan konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan (utiliti) konsumsi
- Memaksimalkan pilihan
- Memaksimalkan mutu hidup, kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan
Sumber:
Pengantar Bisnis, Amirullah Dan Imam Hardjianto, 2005, Jogjakarta, Graha Ilmu
Ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
Komentar
Posting Komentar