Perusahaan dan lingkungan perusahaan
Pengertian
perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasikan
dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan
mengkoordinir sember-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Tempat
kedudukan dan letak perusahaan
A.
Pengertian / Arti Definisi Lokasi Perusahaan
Lokasi Perusahaan
adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik. Kedudukan
perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan
adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi
B. Faktor-Faktor Pokok Penentu Pemilihan Lokasi
Industri
- · Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
- · Letak dari pasar konsumen
- · Ketersediaan tenaga kerja
- · Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
- · Ketersediaan energi
- ·
C.
Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan
- ·
Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya. - ·
Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar. - ·
Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya. - ·
Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
Perusahaan
dan lembaga sosial
Tujuan
ekonomis
Berkenaan
dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh :
Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas,
harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
Tujuan sosial
Perusahaan
memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi,
maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan
tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi
kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Berbagai
macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap lingkungan
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan
eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
perusaan.
Lingkungan
eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung
terhadap kegiatan usaha.
Lingkungan
eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan
usaha.
Lingkungan
Internal
Adalah
faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi
hasil produksi.
Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu di pengaruhi oleh
lingkungan,hubungan antar bisnis dengan lingkungannya sangat erat. Perusahaan
yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan tersingkir dari
kancah bisnis, hubungan antar bisnis kemudian di telaah oleh para usahawan pada
mulanya telah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa
bisnisnyalah yang merupakan hal yang terpenting atau menduduki titik sentral
sedangkan linkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi
bisnisnya,pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan beroreintasi
produsen,pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu keadaannya disebut
sebagai " SELLER'S MARKET' yang artinya produsen masih langka sehingga
barang apapun yang di hasilkan selalu terjual
Komentar
Posting Komentar