Pemasaran


1.        Pengertian pasar dan pemasaran
Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan jual beli.
Pasar dalam arti luas adalah kejadian bertemunya penawaran dan permintaan, baik penjual dan pembeli bertemu langsung ataupun tidak.
Pemasaran adalah segala daya upaya manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui proses tukar menukar yang layak dan teratur, sehingga kedua belah pihak yang melaksanakan pertukaran dapat memperoleh keputusan.

2.      Jenis jenis pasar

·      Menurut barang yang dijual
a.    Pasar konsumsi, menjual barang-barang konsumsi seperti makanan, dan kebutuhan harian lain.
b.    Pasar produksi, menjual barang-barang yang digunakan untuk kegiatan produksi seperti pasar alat pertanian, bursa tenaga kerja, dan pasar modal.
 
·      Menurut waktunya
a.    Pasar harian, buka setiap hari
b.    Pasar mingguan, yang buka satu minggu sekali
c.    Pasaar bulanan
d.    Pasar tahunan
·      
      Menurut lingkupnya
a.    Pasar lokal
b.    Pasar nasional
c.    Pasar internasional
·       
     Menurut strikturnya
a.    Pasar persaingan sempurna, terdapat banyak dan pembeli yang bebas  masuk pasar
b.    Pasar oersaingan tidak sempurna, hanya terdapat beberapa penjual yang dapat menentukan harga
·      
 Menurut sifat pembentukan harganya
a.    Pasar persaingan, harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran barang dan jasa
b.    Pasar monopoli, harga ditentukan satu penjual
c.    Pasar duopoli, ditentukan dua orang penjual
d.    Pasar oligopoli, ditentukan banyak penjual
e.    Pasar monopsoni, ditentuka satu pembeli
 
·      Berdasarkan macam barang yang diperdagangkan pasar
a.    Pasar homogen
b.    Pasaar heterogen

3.      Konsep-konsep inti pemasaran
Konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintan,  produksi, utilitas, nilai, dan kepuasan; pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Mekanisme hubungan antara apa yang dibutuhkan  dan diinginkan oleh konsumen dengan apa yang ditawarkan oleh produsen dapat terjadi dalam bentuk pertukaran (exchange) yang dipertemukan dalam suatu lokasi yang disebut sebagai pasar.

4.      Manjemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah kegiatan yang direncanakan dan diorganisasikan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujua utama dari pemasaran dapat tercapai.

5.      Bauran pemasaran
Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel pemasaran (produk, harga,promosi, dan distribusi) yang masih dapat dikontrol (controlable) oleh perusahaan dan dikombinasikan dalam rangka meningkatkan omzet penjualan. Variabel-variabel dari bauran pemasaran:

a.      Variabel produk
Adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan (attention), dimiliki (acquisition), digunakan (use), atau dikonsumsi (consumtion), dan dapat memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pasar.
Yang tergolong produk adalah objek secara fisik (sepeda motor, mobil, pasta gigi, mebel), jasa (rumah sakit, kepolisian, telkom, hotel), orang (artis, mentri, pelawak, atlet), tempat (taman rekreasi, tempat parkir), organisasi (organisasi pilotik, LSM, yayasan), ide (pemikiran dan konsep).

b.      Variabel harga
Adalah penentuan dari suatu prosik yang merupakan titik pertemuan dari produk yang ditawarkan dengan permintaan akan produk yang dimaksud. Harga digunakan dalam berbagai cara dalam strategi penentuan posisi program pemasaran.

c.       Variabel Distribusi
Adalah proses bergerakanya produk dari produsen ke konsumen (saluran distribusi). Saluran distribusi mengatasi kesenjangan utama dalam hal waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang serta jasa dari mereka yang akan menggunakannya.

d.      Variabel promosi
Adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen. Komponen-komponen bauran promosi mencakup periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.

6.      Tujuan sistem pemasaran
  • Memaksimalkan konsumsi
  • Memaksimalkan kepuasan (utiliti) konsumsi
  • Memaksimalkan pilihan
  • Memaksimalkan mutu hidup, kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan

Sumber: Pengantar Bisnis, Amirullah Dan Imam Hardjianto, 2005, Jogjakarta, Graha Ilmu
             Ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bentuk-Bentuk Badan Usaha

SISTEM PENERIMAAN KAS

mata